Selasa, 30 Desember 2014

Bagian Sel pada Tumbuhan



I.       Tujuan
Adapun tujuan dari praktikum yang akan dilaksanakan adalah:
1.       Mengetahui dan mengamati bagian sel pada bawang.
2.       Mengetahui struktur pada daun singkong.
3.       Mengetahui struktur singkong (bagian akar).

II.     Landasan Teori
Sel dalam bahasa latin artinya rongga kecil, atau terkenal dengan nama cellula, yaitu unit kehidupan terkecil. Dalam biologi, sel adalah kumpulan materi paling sederhana yang dapat hidup dan merupakan unit penyusun semua makhluk hidup. Sel mampu melakukan semua aktivitas kehidupan dan sebagian besar reaksi kimia untuk mempertahankan kehidupan berlangsung di dalam sel.
Sel pertama kali ditemukan oleh Robert Hooke pada tahun 1665, dengan mengamati gabus menggunakan mikroskop. Semua makhluk hidup tubuhnya tersusun dari sel, bisa terdiri dari satu sel (uniselular) ataupun banyak sel (multiselular).

Berikut perkembangan teori sel yang dikemukakan oleh para ahli:
1.      Mirabel
Tahun 1808 melaporkan bahwa tumbuhan terdiri dari jaringan yang terdiri dari sel.
2.      Lamarck
Tahun 1809 mengatakan bahwa pada organism hidup sel mempunyai fungsi penting tertentu.
3.      R.J.H Dutrochet
Tahun 1824 memperlihatkan bahwa hewan dan tumbuhan terdiri dari sel-sel dan sel-sel tersebut bersatu dengan kekuatan adhesi.
4.      Turpin
Tahun 1826 melaporkan terjadinya pembelahan sel.
5.      H. Von Mohl
Tahun 1831 menerangkan pembelahan sel.
6.      M.J Schleiden
Tahun 1838 menerangkan adanya nukleous dan mengusulkan teori sel bersama T. Schwann.
7.      T. Schwann
Tahun 1839 mempergunakan teori sel untuk hewan.
8.      Rudolf Virchow
Tahun 1855 menyatakan bahwa semua sel berasal dari sel lain atau Omnis-cellula-e-celula.

Bagian-Bagian Sel Tumbuhan
1.     Membran sel (membran plasma), merupakan bagian sel paling luar. Dimiliki oleh hewan dan tumbuhan. Berfungsi mengatur keluar masuknya zat pada suatu sel.
2.   Dinding sel, merupakan lapisan di bawah membran sel, terbuat dari selulosa. Hanya dimiliki oleh sel tumbuhan. Berfungsi untuk memberi kekuatan dan perlindungan bagi sel.
3.    Sitoplasma, cairan bening seperti gel yang mengisi ruang  dalam sel, berfungsi sebagai tempat berlangsungnya reaksi metabolisme.
4.     Vakuola, merupakan rongga di dalam sel yang berlapis membran, di dalamnya berisi cairan. Berfungsi sebagai tempat menyimpan bahan makanan dan sisa metabolisme. Vakuola sel hewan berukuran kecil, sedangkan vakuola tumbuhan berukuran besar.
5.       Mitokondria, nerupakan tempat pembentukan sumber energi. Umumnya dimiliki semua sel hidup, karena fungsinya yang sangat penting, yaitu menghasilkan energi melalui proses respirasi sel (reaksi antara bahan makanan dengan oksigen dan menghasilkan energi)
6.      Ribosom, organel berbentuk butiran-butiran kecil yang terdapat di sitoplasma atau menempel di permukaan retikulum endoplasma kasar. Berfungsi sebagai tempat sintesis protein. Terdapat di sel hewan dan tumbuhan.
7.    Retikulum Endoplasma, organel berbentuk seperti saluran. Retikulum Endoplasma permukaan kasar diselubungi ribosom, Retikulum Endoplasma permukaan halus tidak ada ribosom, tetapi di permukaannya terdapat enzim-enzim. Berfungsi untuk membatu metabolisme protein, lemak dan karbohidrat.
8.     Badan Golgi, organel berbentuk seperti tumpukan kue panekuk. Berfungsi membantu sintesis protein. Terdapat di sel tumbuhan dan hewan.
9.         Lisosom, merupakan kantung kecil dengan membran tunggal. Berfungsi untuk mendaur ulang bagian sel yang rusak, mencerna zat sisa makanan atau zat-zat asing yang masuk ke dalam sel. Terdapat di sel tumbuhan dan hewan.
10.     Sentrosom, bentuknya seperti tabung kecil dan mengapung di sitoplasma. Sentriol dalam sentrosom berperan dalam pembelahan sel. Sentrosom sel hewan memiliki sepasang sentriol, sednag sel tumbuhan tidak.
11.     Nuklues (inti sel), organel berbentuk bulat atau lonjong yang terdapat di tengah atau bagian tepi sel. Berfungsi sebagai pusat pengendali kegiatan sel. Di dalamnya terdapat cairan inti  (nukleoplasma), anak inti (nukleolus) dan selapu inti. Terdapat di sel hewan dan tumbuhan.'
12.Kloroplas, organel kecil berbentuk bulat yang berwarna hijau karena mengandung pigmen klorofil. Hanya terdapat di sel tumbuhan. Berperan dalam proses fotosintesis tumbuhan yang menghasilkan energi dan bahan makanan tumbuhan.



III.              Alat dan Bahan
          Alat dan bahan yang di gunakan dalam praktikum ini meliputi:
·      Mikroskop
·      Cutter/ Silet
·      Kaca preparat
·      Kaca penutup
·      Tusuk gigi
·      Bawang merah
·      Daun singkong
·      Obat merah
·      Singkong

IV.    Cara Kerja
1.         Menyiapkan peralatan dan bahan untuk pengamatan.
2.         Posisikan mikroskop ke arah sumber cahaya.
3.         Kupas lapisan epidermis bawang merah menggunakan cutter atau silet.
4.         Potong daun singkong setipis-tipisnya menggunakan cutter atau silet.
5.    Iris singkong (akar singkong) setipis mungkin menggunakan cutter atau silet dan tetesi dengan betadin.
6.   Pindahkan sayatan bawang merah, daun singkong, singkong (akar singkong) secara bergantian ke kaca preparat.
7.         Letakkan preparat pada stage mikroskop, amati dengan perbesaran yang sesuai.
8.         Amati satu persatu secara bergantian di bawah mikroskop dan gambar hasil pengamatan.
 
 V.              Hasil Pengamatan/ Hasil Kerja
Berdasarkan hasil pengamatan tentang bagaimana sel pada tumbuhan, hasil pengamatan dapat dilihat pada tabel berikut:
 

VI.    Pembahasan
Sel adalah suatu susunan atau unit terkecil yang menyusun mahluk hidup. Di dalam sel terjadi berbagai kegiatan kehidupan seperti makan, mengeluarkan zat sisa, bernafas, berkembangbiak, dan berbagai aktivitas kehidupan lainnya. Oleh sebab itu, sel disebut juga unit fungsional terkecil dari kehidupan. Namun pada sel mati, sel tidak melakukan kegiatan kehidupan. Bila diamati di bawah mikroskop, pada sel mati akan terlihat ruang-ruang kosong. Hal ini disebabkan karena protoplasma telah mati (mengering). Sedangkan pada sel hidup akan mengandung protoplasma yang mencangkup sitoplasma yang berisi organel-organel, seperti inti sel, plastida, mitokondria, ribosom, retikulum endoplasma, diktiosom dan mikrobodi.

VII.   Kesimpulan
Berdasarkan hasil pengamatan kami dapat disimpulkan bahwa Sel merupakan penyusun struktur kehidupan yang paling kecil atau paling sederhana. Sel mampu melakukan semua aktivitas kehidupan dan sebagian besar reaksi kimia untuk mempertahankan kehidupan berlangsung di dalam sel.  Pada sel tumbuhan, bentuk selnya tetap dan tidak berubah karena mempunyai dinding sel sehingga tidak dapat bergerak bebas.

VIII.   Kesan dan Saran
1.         Kesan
Kesannya pada saat  melaksanakan kegiatan praktikum ini sangat menarik keingin tahuan tentang bagaimana struktur tumbuhan tersebut.
2.         Saran
Ø  Untuk mencapai praktikum yang lebih baik, waktu harus dipergunakan dengan sebaik-baiknya.
Ø  Jika masih ada yang kurang dalam laporan kami, mohon diberi petunjuk agar pada praktikum selanjutnya bisa lebih baik.

IX.              Dokumentasi Hasil Praktikum


                
X.     Daftar Pustaka
Badriyah, Nur Hamidatul. 2014. Laporan Praktikum Biologi Mengamati Sel Tumbuhan. (Online). Tersedia:
http://nurhamidatulbadriyah.wordpress.com/2014/06/23/laporan-praktikum-biologi-mengamati-sel-tumbuhan/, (27 Desember 2014)



LAMPIRAN
MY TEAM
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS ACHMAD YANI
BANJARBARU
2014
Demikian hasil laporan dari praktikum kami,
semoga bermanfaat bagi seluruh pembaca,
apabila ada salah kata mohon dimaafkan,
Wassalaamu'alaikum Wr. Wb.
@_@


2 komentar:

  1. Do you realize there's a 12 word phrase you can speak to your man... that will induce intense emotions of love and impulsive attraction for you buried within his chest?

    That's because hidden in these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's instinct to love, treasure and look after you with all his heart...

    ===> 12 Words Who Fuel A Man's Love Impulse

    This instinct is so hardwired into a man's mind that it will make him work better than ever before to do his best at looking after your relationship.

    Matter of fact, triggering this all-powerful instinct is so binding to getting the best ever relationship with your man that the moment you send your man a "Secret Signal"...

    ...You will soon find him expose his heart and mind for you in such a way he never expressed before and he'll see you as the one and only woman in the world who has ever truly tempted him.

    BalasHapus
  2. Terima kasih kakak informasinya sangat membantu sekali. Alhamdulillah ditengah kebingungan saya mencari informasi saya bisa menemukan blog ini. Terima kasih banyak kak🙏

    BalasHapus